CAHYANI, LILIS RATU (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA ( STUDI PADA SISWA KELAS III SEMSTER GANJIL SDI NURUL HIDYAH KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017-2018 ). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 COVER LILIS RATU CAHYANI .pdf Download (101kB) | Preview |
|
![]() |
Text
11 DAFTAR ISI LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (130kB) |
|
|
Text
9 ABSTRAK LILIS RATU CAHYANI .pdf Download (85kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14 BAB I LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (242kB) |
|
![]() |
Text
15 BAB II LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (264kB) |
|
![]() |
Text
16 BAB III LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (352kB) |
|
![]() |
Text
17 BAB IV LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
|
![]() |
Text
18 BAB V LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
|
![]() |
Text
19 DAFTAR PUSTAKA LILIS RATU CAHYANI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (176kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak dari model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA, (2) mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Nurul Hidayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang dan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar IPA. Data motivasi dikumpulkan melalui lembar kuesioner. Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar menggunakan metode tes berupa tes hasil belajar. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik untuk mencari ketuntasan siswa secara klasikal dan persentase tingkat hasil belajar. Peningkatan motivasi pada siklus I sebesar 70,5 %dan pada siklus II sebesar 87 % atau dengan kata lain terjadi peningkatan sebesar 16,5 % termasuk dalam katagori termotivasi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67 % dan pada siklus II sebesar 83 %. Berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA sebesar 16 % dalam pedoman PAP skala 5 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut penerapan model pembelajaran Snowball Throwing memberikan dampak positif pada pembelajaran IPA serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDI Nurul Hidayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:37 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:37 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |