ROMLA, SITI (2017) UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER (KELAS III MI DARUL ULUM KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER BARU SITI ROMLA .pdf Download (193kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI BARU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (253kB) |
|
|
Text
ABSTRAK BARU SITI ROMLA .pdf Download (7kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab 1 SITI ROMLA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (366kB) |
|
![]() |
Text
Bab 2 SITI ROMLA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (498kB) |
|
![]() |
Text
Bab 3 SITI ROMLA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (556kB) |
|
![]() |
Text
Bab 4 SITI ROMLA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (728kB) |
|
![]() |
Text
BAB 5 BARU SITI ROMLA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (146kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (19kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa permasalahan di MI Darul Ulum Patokan Kraksaan Kabupaten Probolinggo pada pembelajaran matematika adalah rendahnya berhitung. Terutama pada perkalian, perkalian merupakan penjumlahan berulang, meskipun konsepnya terlihat sederhana tetapi ada beberapa siswa yang masih kesulitan untuk memahaminya . Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika memerlukan media yang cocok untuk membantu siswa dalam menghitung perkalian Seperti Batang Napier. Kelebihan dalam menggunakan media batang napier pada operasi hitung perkalian yaitu siswa dapat memahaminya, siswa dapat dengan mudah angkanya dipindahkan sehingga siswa lebih aktif secara fisik untuk memindahkan objek angka yang dikalikan dan siswa dapat menghafal perkalian. Peneliti ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Darul Ulum Kraksaan pada materi operasi hitung perkalian dengan penggunaan media batang napier dan untuk mengetahui penerapan media batang napier dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Darul Ulum Kraksaan pada materi operasi hitung perkalian. Metode penelitian dalam teknik analisis data yaitu menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan tes. Peneliti dilakukan dengan cara bersiklus yaitu terdiri dari 2 siklus dan tiap masing-masing siklus dilaksanakan dengan 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dengan penggunan media batang napier dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 52,3 dengan ketuntasan hasil belajar 29% secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih belum tercapai karena tidak memenuhi nilai KKM yang ditentukan. Sedangkan data hasil penelitian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 74,1 dengan ketuntasan hasil belajar 100% secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapai dan memenuhi nilai KKM yang ditentukan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi Hitung Perkalian, Media, Batang Napier |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2025 05:42 |
Last Modified: | 26 May 2025 05:42 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |