RAHMAWATI, SUGIYANTI (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN SUMBER TAMAN 3 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. cover SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Download (164kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9.DAFTAR ISI SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (150kB) |
|
|
Text
14. HALAMAN ABSTRAK SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Download (145kB) | Preview |
|
![]() |
Text
15. BAB I SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (281kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB II SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (326kB) |
|
![]() |
Text
BAB III new SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (280kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV BARU SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
|
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA SUGIYANTI RAHMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (7kB) |
Abstract
Data Di SDN Sumber Taman 3 Kota Probolinggo menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Hal ini karena guru tidak menggunakan model pembelajaran sehingga siswa mudah jenuh dan bosan. Bertolak dari permasalahan yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi tentang batuan Di SDN Sumber Taman 3. (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi tentang batuan setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw Di SDN Sumber Taman 3.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajarn cooperative learning tipe jigsaw dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Sumber Taman III dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN Sumber Taman 3. Metode peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dan tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, portofolio dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari pratindakan hanya 12 siswa (44,44%) yang memenuhi KKM (tuntas); pada saat evaluasi siklus I pertemuan 1 sebanyak 18 siswa (67%) yang memenuhi KKM (tuntas); pada saat evaluasi siklus I pertemuan 2 sebanyak 22 siswa (81,48%) yang memenuhi KKM (tuntas); pada saat evaluasi siklus II pertemuan 1 sebanyak 22 siswa (81,48%) yang memenuhi KKM (tuntas); pada saat evaluasi siklus II pertemuan 2 sebanyak 26 siswa (96,29%) yang memenuhi KKM (tuntas). Penelitian ini dikatakan berhasil karena telah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal, meskipun ada 1 siswa yang belum tuntas belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti menyarankan kepada lembaga terkait untuk menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CooperativeLearning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:13 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:03 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |