YUANITA, (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SDN WIROBORANG 3. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER NEW YUANITA.pdf Download (61kB) | Preview |
|
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI NEW YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK NEW YUANITA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (141kB) |
|
![]() |
Text
BAB II YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (212kB) |
|
![]() |
Text
BAB III YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (312kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (450kB) |
|
![]() |
Text
BAB V YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (287kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA YUANITA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (119kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas III SDN Wiroborang 3 yang valid, praktis, dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan menggunakan model Borg dan Gall (1983) dengan sedikit modifikasi. Langkahlangkah penelitian ini terdiri atas (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, dan (6) produk akhir. Pada studi pendahuluan dilakukan studi pustaka dan survey lapangan. Pada tahap perencanaan dilakukan analisis struktur isi, perumusan tujuan pembelajaran, dan pengembangan instrumen uji kelayakan produk. Pada tahap desain produk dilakukan penyusunan LKS dan buku pegangan guru. Untuk validasi produk diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas kepada guru dan siswa, sehingga didapatkan produk akhir berupa LKS Berbasis Problem Based Learning. Uji coba produk terdiri dari uji coba awal dan uji coba terbatas. Uji coba awal terdiri dari validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi mencapai 86,6% dan hasil dari ahli media mencapai 85,3%. Uji coba terbatas dilakukan pada guru dan siswa. Hasil rata-rata kepraktisan guru dan siswa mencapai 80,65% dan hasil angket kemenarikan adalah 88%. Berdasarkan hasil diatas LKS Berbasis Problem Based Learning telah valid, praktis, dan menarik untuk digunakan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Problem Based Learning. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:18 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:18 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |