RIZAL, MUHAMMAD SYAIFUL (2018) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. cover MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Download (19kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI RIZAL MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
|
|
Text
6. abstrak MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Download (155kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. bab 1 MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (209kB) |
|
![]() |
Text
10. BAB II MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (506kB) |
|
![]() |
Text
11. BAB III MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (112kB) |
|
![]() |
Text
12. BAB IV MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (427kB) |
|
![]() |
Text
13. BAB V MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (87kB) |
|
![]() |
Text
14 .DAFTAR PUSTAKA MUHAMMAD SYAIFUL RIZAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (5kB) |
Abstract
Pengenalan huruf hijaiyah sejak dini sangat penting untuk dilakukan, karena merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak menggunakan buku Iqro dengan cara lisan dan tulisan membuat anak cenderung pasif dalam menerimanya. Dengan berkembangannya teknologi informasi, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dapat dilakukan dengan menggunakan media smartphone. Smartphone salah satu teknologi yang paling sering digunakan. Metode pembelajaran seperti ini dapat membuat anak-anak lebih semangat dalam belajar, karena selama ini metode pembelajaran yang dikenalkan kepada anak hanya bersifat konvensional. Dari permalasahan diatas, muncul suatu pemikiran untuk membuat penelitian berbasis teknologi augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi yang dapat mempermudah anak dalam belajar huruf hijaiyah dengan smartphone android. Aplikasi ini mengakses kamera untuk medeteksi marker huruf hijaiyah. Ketika marker berhasil dikenali akan menampilkan 3D huruf hijaiyah berserta audio pelafalannya. Untuk membangun aplikasi ini membutuhkan software: blander, vuforia SDK dan Unity3D. Pengujian aplikasi menujukan bahwa (a) Untuk menjalankan sistem aplikasi minimal menggunakan versi android Jelly Bean; (b) Jarak yang digunakan agar marker dideteksi dengan optimal yaitu antara 10-50 cm; (c) Pencahayaan minimal mendeteksi marker dalam ruangan gelap menggunakan lampu kamera smartphone; (d) Ukuran marker 5x5cm merupakan bentuk optimal untuk mendeteksi marker; (e) Kapasitas tampilan 50% marker yang tertutup dengan ukuran marker minimal 5x5cm marker dapat dideteksi dengan optimal; (f) Sudut deteksi marker yang optimal yaitu sebesar 450.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Huruf Hijaiyah, Augmented Reality, Android, Blender, Vuforia SDK, Unity 3D |
Subjects: | Fakultas Teknik dan Informatika |
Divisions: | S1 Teknik Elektro Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Teknik dan Informatika > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:13 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |