PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

SALEHUDIN, (2013) PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
0. COVER SKRIPSI SALEHUDIN .pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
01. DAFTAR ISI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
01 ABSTRAK SALEHUDIN .pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
1. BAB I SKRIPSI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (298kB)
[img] Text
2. BAB II SKRIPSI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (402kB)
[img] Text
3. BAB III SKRIPSI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (182kB)
[img] Text
4. BAB IV SKRIPSI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB V SKRIPSI SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (273kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA SALEHUDIN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (153kB)

Abstract

Pembelajaran konvensional yang dilakukan secara klasikal cenderung monoton dan berorientasi pada target penguasaan materi karena lebih menonjolkan pada peran seorang guru dibandingkan peran anak didik. Pembelajaran konvensional yang diterapkan pada mata pelajaran matematika tingkat sekolah dasar merupakan salah satu contoh kasus yang membutuhkan perhatian dan solusi karena selain berkembangnya mitos yang menyatakan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang paling menakutkan, istilah matematika juga diperkenalkan pertama kali secara formal pada tingkat pendidikan tersebut. Dengan demikian, metode dan media pelengkap berupa e-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar sangat dibutuhkan dalam kasus tersebut. E-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar dapat dirancang dengan 5 tahapan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pengumpulan, tahapan pendesainan, tahapan pemrograman, dan tahapan pengujian. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 15 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 15 April 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kropak Bantaran Probolinggo. E-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar berhasil dirancang dalam bentuk educative quiz dan educative game yang dikemas dalam sebuah halaman situs. Educative quiz dan educative game dirancang dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Sedangkan halaman situs dirancang dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Konvensional, E-Learning Berbasis Web, Educative Quiz, Educative Game, dan Halaman Situs
Subjects: Fakultas Teknik dan Informatika
Divisions: S1 Teknik Elektro
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Teknik dan Informatika > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 19 Jul 2025 03:30
Last Modified: 19 Jul 2025 03:30
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item