SALEHUDIN, (2013) PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
0. COVER SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Download (30kB) | Preview |
|
![]() |
Text
01. DAFTAR ISI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (259kB) |
|
|
Text
01 ABSTRAK SALEHUDIN .pdf Download (116kB) | Preview |
|
![]() |
Text
1. BAB I SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (298kB) |
|
![]() |
Text
2. BAB II SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (402kB) |
|
![]() |
Text
3. BAB III SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
|
![]() |
Text
4. BAB IV SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
|
![]() |
Text
5. BAB V SKRIPSI SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (273kB) |
|
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA SALEHUDIN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (153kB) |
Abstract
Pembelajaran konvensional yang dilakukan secara klasikal cenderung monoton dan berorientasi pada target penguasaan materi karena lebih menonjolkan pada peran seorang guru dibandingkan peran anak didik. Pembelajaran konvensional yang diterapkan pada mata pelajaran matematika tingkat sekolah dasar merupakan salah satu contoh kasus yang membutuhkan perhatian dan solusi karena selain berkembangnya mitos yang menyatakan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang paling menakutkan, istilah matematika juga diperkenalkan pertama kali secara formal pada tingkat pendidikan tersebut. Dengan demikian, metode dan media pelengkap berupa e-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar sangat dibutuhkan dalam kasus tersebut. E-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar dapat dirancang dengan 5 tahapan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pengumpulan, tahapan pendesainan, tahapan pemrograman, dan tahapan pengujian. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 15 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 15 April 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kropak Bantaran Probolinggo. E-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar berhasil dirancang dalam bentuk educative quiz dan educative game yang dikemas dalam sebuah halaman situs. Educative quiz dan educative game dirancang dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Sedangkan halaman situs dirancang dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konvensional, E-Learning Berbasis Web, Educative Quiz, Educative Game, dan Halaman Situs |
Subjects: | Fakultas Teknik dan Informatika |
Divisions: | S1 Teknik Elektro Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Teknik dan Informatika > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 03:30 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 03:30 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |