PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SECARA PRIBADI PADA APOTEK WALUYOJATI KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

SUPARMAN, AGUT DEDI (2017) PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SECARA PRIBADI PADA APOTEK WALUYOJATI KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1.cover AGUT DEDI SUPARMAN .pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
7. DAFTAR ISI AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
10.ABSTRAK AGUT DEDI SUPARMAN .pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
11. BAB I AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (360kB)
[img] Text
12.BAB II AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (307kB)
[img] Text
13. bab III AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (307kB)
[img] Text
14. BAB IV AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (332kB)
[img] Text
15. BAB V AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (248kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA AGUT DEDI SUPARMAN .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (10kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh harga dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian obat secara mandiri pada Apotek Waluyojati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh harga dan lokasi secara parsial terhadap keputusan pembelian obat secara mandiri pada Apotek Waluyojati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan antara harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian obat secara mandiri pada Apotek Waluyojati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Peneliti menggunakan analisis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dan mengambil sampel dari 76 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji kuesioner yang terdiri dari Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, analisis Regresi Berganda, dan pengujian hipotesis yang terdiri dari Uji F, Uji t dan uji dominan. Hasil penelitian Uji Validitas menunjukkan seluruh item pertanyaan valid yaitu diatas 0,223 dan hasil penelitian Uji Reliabilitas menunjukkan hasil yang Reliabel yaitu diatas 0,60. Uji Normalitas menunjukkan data terdistribusi secara normal, Uji Multikolonieritas menunjukkan bahwa tidka terjadi multikolonieritas, Uji Heterokedastisitas menunjukkan tidak terjadi heterokedastisitas, dan uji autokorelasi menunjukkan tidak terjadi autukorelasi. Uji F menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan Fhitung > Ftabel (25.446 > 3.12) (sig. 0.000 < 0,05). Uji harga (X1) terhadap keputusan pembelian menunjukkan berpengaruh secara parsial dengan thitung ≥ ttabel (3.411 ≥ 1.993) (sig. 0.005 ≤ 0,025). Uji Lokasi (X2) terhadap keputusan pembelian menunjukkan berpengaruh secara parsial dengan thitung ≥ ttabel 2.994 ≥ 1.993) (sig. 0.000 ≤ 0,025). Uji dominan menunjukkan bahwa promosi penjualan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Zuliani (2005), Utami (2015), dan Purnama (2011).

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Divisions: S1 Manajemen
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2025 02:26
Last Modified: 30 Aug 2025 02:26
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item