UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PENDEKATAN TEORI ANTRIAN PADA LOKET PEMBAYARAN (KASIR) DI SOPOYONO SWALAYAN KRAKSAAN PROBOLINGGO

YANTI, YULI (2019) UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PENDEKATAN TEORI ANTRIAN PADA LOKET PEMBAYARAN (KASIR) DI SOPOYONO SWALAYAN KRAKSAAN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI YULI YANTI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK YULI YANTI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (230kB)
[img] Text
BAB II YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (450kB)
[img] Text
BAB III YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (511kB)
[img] Text
BAB V YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YULI YANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (139kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Sopoyono Swalayan Kraksaan probolinggo dengan tujuan untuk upaya peningkatan pendapatan melalui pendekatan teori antrian pada Loket Pembayaran (Kasir) Di Sopoyono Swalayan Kraksaan Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan variabel Pendapatan, Teori Antrian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengoperasikan 4 loket pembayaran (kasir) jumlah pelanggan yang menunggu dalam antrian/Lq terdapat 0.32 orang sedangkan dengan menggunakan 5 loket pembayaran (kasir) rata-rata pelanggan yang menunggu dalam antrian 0.08, begitupun dalam sistem/Ls dengan menggunkan 4 loket pembayaran (kasir) terdapat 2.59 sedangkan dengan 5 loket pembayaran (kasir) terdapat 2.35 (orang). Rata-rata waktu tunggu yang dilalui pelanggan untuk menunggu dalam antrian (wq) maupun dalam sisitem (Ws) mengalami penurunan yang semula dengan 4 loket pembayaran (kasir) waktu tunggu antrian 0.18 menit, setelah menambah 1 loket pembayaran (kasir) menjadi 0.04 menit. Begitupun waktu tunggu dalam sistem dengan 4 loket pembayaran (kasir) 1.4 menit dengan menambah 1 loket pembayaran (kasir) menjadi 1.3 menit. Dengan penambahan 1 loket pembayaran (kasir) juga mengurangi biaya tunggu, yang semula menggunkan 4 loket pembayaran (kasir) biaya tunggu yang dikeluarkan sebesar Rp. 606,481 dan setelah ada tambahan loket pembayaran (kasir) biaya menunggu mengalami penurunan menjadi Rp. 556,48. Dengan demikian dengan penambahan loket pembayaran (kasir) Sopoyono Swalayan dapat meningkatkatkan pendapatannya yang semula sebesar Rp. 273,728,800 setelah diadakan penambahan loket pembayaran (kasir) menjadi 5 pendapatan meningkat sebesar Rp. 305,325,900 atau meningkat sebasar Rp. 31,597,100.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Teori Antrian
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:27
Last Modified: 31 Jan 2020 04:27
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item