PEMANFAATAN LIMBAH KAYU MENJADI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN

ANDRIANTO, EVENDI (2019) PEMANFAATAN LIMBAH KAYU MENJADI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI EVENDI ANDRIANTO.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1 EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (167kB)
[img] Text
BAB 2 EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (528kB)
[img] Text
BAB 3 EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (141kB)
[img] Text
BAB 4 EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA EVENDI ANDRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (170kB)

Abstract

Industri pengolahan kayu merupakan salah satu bidang industri perkayuan dalam pengolahan kayu gelondongan menjadi papan, reng, usuk, dan kusein, industri ini menghasilkan limbah sisa dalam bentuk serbuk, dan sisa kayu. Limbah kayu merupakan sebuah peluang potensi untuk dijadikan sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) untuk anak-anak usia dini. alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang dirancang khusus untuk membantu sekolah meningkatkan aspek perkembangan anak dengan cara menstimulasinya menggunakan alat permainan yang bernilai edukatif agar kecerdasan yang dimiliki oleh anak dapat berkembang secara optimal. Desain APE mengalami perkembangan, baik dari aspek bentuk maupun fungsi. Seiring perkembangannya jaman APE dibuat sesuai dengan minat anakanak usia dini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat produk Alat permainan Edukatif berupa Puzzle dan Balok sesuai requirement dari penggunanya. Untuk mewujudkan tujuan itu digunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Alat Permainan Edukatif (APE) diharapkan dapat memberikan alternatif kegiatan bermain dan belajar anak yang bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak pada saat belajar dan mengembangkan psikomotorik dalam hal bermain anak agar terampil mengatasi masalahnya secara mandiri dan membantu mendorong guru untuk dapat lebih kreatif membelajarkan anak dengan media yang menarik sehingga anak tidak mudah bosan pada saat belajar ataupun bermain.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Industri bersih, Alat Permaian Edukatif (APE), Limbah Kayu, Quality Function Deployment (QFD).
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:24
Last Modified: 10 Feb 2020 04:24
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item