Hadi, Asbullah (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SYAFI’IYAH KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI ASBULLAH HADI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (83kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ASBULLAH HADI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
BAB I ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (170kB) |
||
Text
BAB II ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (218kB) |
||
Text
BAB III ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (173kB) |
||
Text
BAB IV ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (636kB) |
||
Text
BAB V ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (83kB) |
||
Text
Daftar Pustaka ASBULLAH HADI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat belajar PPkn siswa kelas VIII MTs. Syafi’iyah Probolinggo dengan menggunakan metode demonstrasi yang terdiri dari Mengamati, Mananya, Mencoba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran PPKn kelas VIII. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. Syafi’iyah Probolinggo yang terdiri dari 30 orang dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, pendokumentasian serta tes Prestasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas). Dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Minat belajar siswa mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII MTs. Syafi’iyah Probolinggo setelah diadakan tindakan berupa pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi. Pembelajaran meliputi kegiatan persiapan guru dan siswa dalam memulai pembelajaran, Mengamati, Menanya, Mencoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatakan , dilihat dari aspek partisipasi dalam berpendapat, kerjasama maupun menyelesaikan tugas. Jika dilihat dari tes belajar mata pelajaran PPKn , banyaknya siswa yang tuntas yaitu 25 peseta didik (83%). Hal ini Sudah memenuhi standar ketuntasan yang digunakan di MTs. Syafi’iyah, yaitu Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 70 dan siswa yang tuntas ≥ 75%. Maka ada peningkatan prestasi pada siklus II dibanding dengan Siklus I diperoleh rata-rata kelasnya adalah 71 dengan siswa yang tuntas (≥ KKM = 70) adalah 22 siswa atau 73,33%. Batas ketuntasan yaitu ≥ 70 sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan di MTS. Syafi’iyah rata-rata kelasnya mencapai 77,14 dan banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran mencapai 84,62%. Dari data di atas, diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga dengan begitu dapat berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Syafi’iyah Kabupaten Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Minat Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 03:16 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 03:16 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |