PENERAPAN NILAI GOTONG ROYONG DALAM LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KELURAHAN POHSANGIT KIDUL KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO)

Hasanah, Ulfa Lailatul (2017) PENERAPAN NILAI GOTONG ROYONG DALAM LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KELURAHAN POHSANGIT KIDUL KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul ULFA LAILATUL HASANAH.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (57kB)
[img] Text
BAB I ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (349kB)
[img] Text
BAB II ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (106kB)
[img] Text
BAB III ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (82kB)
[img] Text
BAB V ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (86kB)
[img] Text
ARTIKEL ULFA LAILATUL HASANAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (164kB)

Abstract

Budaya gotong royong merupakan cerminan perilaku yang menjadi khas bangsa Indonesia sejak jaman dahulu. Gotong royong ditemukan dengan beberapa praktek, istilah dan bentuknya baik sebagai nilai maupun perilaku. Artinya gotong royong selalu menjadi acuan perilaku dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Perilaku yang ditampilkan manusia selalu mengacu kepada nilai-nilai gotong royong. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan adalah lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra lurah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan berkedudukan di kelurahan sebagai mitra lurah di bidang pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial konsep ini mencerminkan paradigma baru pembangunan, yakni yang bersifat kemasyarakatan, partisipasi pemberdayaan dan pertanggung jawab secara menyeluruh. Keberdayaan dalam konteks masyarakat itu sendiri adalah kemampuan individu-individu lainnya dalam masyarakat dan mebangun unsur – unsur yang memungkinkan suatu masyarakat bertahan dan dalam pengertian yang dinamis mengembangkan diri dan untuk mencapai tujuan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, karena bertjuan mengetahui tentang Penerapan Nilai Gotong Royong Dalam Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus di Wilayah Pohsangit Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo) Data yang diperoleh diatas tentunya dengan menggunakan teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, data yang diperoleh tentunya perlu dianalisis perlu dijabarkan agar dapat temukan kendala dan pemecahan masalah diatas, tentunya dengan menggunakan teknikteknik analisis, analisis diuji keabsahannya, dibutuhkan waktu cukup lama samapai akhirnya mendapat sebuah kesimpulan dan jawaban dari maslah yang ada.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, gotong royong, lembaga pemberdayaan masyarakat
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eliz Imro'atul Azizah
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:59
Last Modified: 31 Aug 2018 03:59
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item