KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH

APRIANTO, HENDRA (2019) KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI HENDRA APRIANTO.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (158kB)
[img] Text
RINGKASAN HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 HENDRA APRIANTO.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (377kB)
[img] Text
BAB 3 HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (298kB)
[img] Text
BAB 4 HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (722kB)
[img] Text
BAB 5 HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HENDRA APRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (152kB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pemerintahan Kabupaten Probolinggo yang berguna untuk melayani kebutuhan hidup manusia dengan menyediakan layanan air bersih dan meghasilkan keuntungan dana dari masyarakat. Dalam rangka mewujudkan visi dan misi untuk mencapai tujuan tersebut, maka PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo perlu memberikan pelayanan kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas penyediaan air bersih. Pelayanan dalam kegiatan penyediaan air bersih dapat dilihat dari kinerja PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo. Dalam pelaksanaan kuantitas kinerja, sebagai gambaran untuk mengukur tinggi rendahnya kinerja perusahaan untuk meningkatkan produktifitas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo, terindikasi masih rendahnya kualitas perusahaan ini, yakni dalam kemampuan perusahaan menyalurkan air bersih (minum) atas kebutuhan pelanggan (masyarakat) yang semakin meningkat. Hingga saat ini, daerah Kabupaten Probolinggo masih saja mengalami krisis mengenai air bersih. Hal ini merupakan akibat dari PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan air di masyarakat. Banyaknya kebocoran pipa yang sudah berumur dan bocor sehingga membuat banyak air terbuang. Pelanggan air yang menggunakan jasa PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo pun sering merasa resah dan komplain, karena lambatnya aliran air dan tidak masimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan da menganalisa kinerja PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo dalam Penyediaan Air Bersih serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo dalampenyediaan air bersih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dimana peneliti menyampaikan sesuai dengan kondisi nyata dan mengasung gambaran secara objektif mengenai keadaan yang akan dihadapi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat lima indikator dalam mengukur kinerja PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo yakni; (1) Produktivitas, (2) Kualitas Layanan, (3) Responsivitas, (4) Responsibilitas dan (5) akuntabilitas. Selain itu terdapat juga tiga faktor yang berpengaruh dalam kinerja PDAM Tirta Dharma Kabupaten Probolinggo yakni; (1) Sumber Daya Manusia, (2) Struktur Organisasi, (3) Kepemimpinan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, PDAM, Kabupaten Probolinggo, Air Bersih
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:40
Last Modified: 26 Feb 2020 06:40
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item