ARYANI, (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KALISALAM I KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI ARYANI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (130kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ARYANI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
Text
BAB I ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (126kB) |
||
Text
BAB II ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (125kB) |
||
Text
BAB III ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (218kB) |
||
Text
BAB IV ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (649kB) |
||
Text
BAB V ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (49kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ARYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (33kB) |
Abstract
Melalui media Pembelajaran Tematik (Audio-Visual) pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SDN Kalisalam I diajak untuk belajar menggunakan media pembelajaran tematik (audio- visual) yang berbentuk video pembelajaran didalam kelas, siswa Kelas IV disini mengamati dan mendengarkan video pembelajaran yang terdapat pada media yang telah kembangkan, sehingga mereka aktif dan sangat antusias selama kegiatan proses belajar dan pembelajaran sedang berlangsung dengan demikian mereka akan termotivasi dan minat terhadap pembelajaran sehingga hasil belajarnya meningkat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Pengembangan Media Pembelajaran Tematik (audio-visual) yang berbentuk video Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya (Kelas VI SDN Kalisalam I Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020) yang memiliki tingkat kevalidan, keterterapan dan keterbacaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengam menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan, yakni Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba/penerapan), Evaluation (perbaikan). Data yang dianalisis diperoleh dengan cara memberikan angket kepada para ahli validasi dan angket uji coba pada guru dan siswa. Sesuai dengan indikator (1) hasil analisis kevalidan, (2) uji coba keterterapan, (3) uji coba keterbacaan guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk Pengembangan media pembelajaran tematik (audio-visual) pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas VI SDN Kalisalam I sudah mempunyai tingkat kevalidan dengan skor 4,225 dikategorikan valid, keterterapan dengan skor rata-rata 4,65 kategori sesuai, dan keterbacaan dengan skor rata-rata 4,35 dikategorikan sesuai. Dari hasil jumlah skor rata-rata tersebut, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tematik (audio-visual) yang berbentuk video ini sudah layak untuk digunakan karena hanya memerlukan revisi kecil.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Tematik, Pembelajaran IPA |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 03:41 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 03:41 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1454 |
Actions (login required)
View Item |