KUSUMA, BELLA NUR MELATI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI GERAK BENDA PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KALISALAM 1 KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI BELLA NUR.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (222kB) |
||
|
Text
ABSTRAK BELLA NUR.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
BAB I BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (181kB) |
||
Text
BAB II BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (174kB) |
||
Text
BAB III BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (424kB) |
||
Text
BAB IV BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (517kB) |
||
Text
BAB V BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA BELLA NUR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (87kB) |
Abstract
Berdasarkan keadaan yang ada, sebagian besar siswa masih belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ini karena mereka beranggapan bahwa IPA adalah pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA masih terbilang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Kalisalam 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo mata pelajaran IPA dengan Media Pembelajaran Video Animasi menggunakan metode Pengembangan Produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kalisalam 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Video Animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari siswa yang memperoleh hasil nilai rata-ratanya 95 dengan memberikan tugas kelompok dan nilai individu. Keterterapan Produk Pengembangan dari guru memperoleh 3,75 sedangkan dari keterterapan siswa memperoleh 4,2 jadi hasil rata-rata keterterapan yaitu 3,97. Keterbacaan Produk Pengembangan dari guru memperoleh 4 sedangkan Hasil Keterbacaan Siswa memperoleh 4,5 jadi hasil rata-rata keterbacaan yaitu 4,25. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Video Animasi ini memberikan siswa meningkatkan semangat belajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Video Animasi, Gerak Benda, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 05:01 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 05:01 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1457 |
Actions (login required)
View Item |