PERMADI, BIMA RAHMATULLAH (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NAMIRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI BIMA RAHMATULLAH.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (173kB) |
||
|
Text
ABSTRAK BIMA RAHMATULLAH.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (327kB) |
||
Text
BAB II BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (299kB) |
||
Text
BAB III BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (370kB) |
||
Text
BAB IV BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (845kB) |
||
Text
BAB V BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (232kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA BIMA RAHMATULLAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan selama guru menyampaikan materi pada kegiatan pembelajaran, siswa cenderung merasa bosan terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Pada saat guru memberikan pertanyaan, hanya beberapa siswa saja yang menjawab pertanyaan dan mengeluarkan pendapat, sehingga menjadikan siswa kurang aktif di kelas dan membuat hasil belajar setiap siswa rendah. Penelitian ini dilatar belakangi 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas IV SD Namira pelajaran 2019/2020 2) Apakah strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA meningkatkan minat siswa kelas IV SD Namira pelajaran 2019/2020 3) Apakah strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Namira pelajaran 2019/2020. Analisis ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan pemahaman siswa. Untuk minat belajar siswa siklus I terdapat 2,52% dengan kategori cukup baik, di siklus II 3,57% dengan kategori baik. berbeda dengan pemahaman siswa di kelas pada siklus I diketahui rata-rata 57,5% dengan kategori kurang baik sedangkan untuk siklus II 80% dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas IV SD Namira tahun 2019-2020. Berdasarkan hasil di atas dapat peneliti sarankan kepada lembaga SD Namira agar lebih memerhatikan siswa saat belajar di kelas dengan menggunakan strategi-strategi yang bervariasi agar menarik perhatian siswa saat belajar dan meningkatkan minat dan pemahaman siswa dikelas.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Pemahaman, Strategi Pembelajaran, Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 06:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 06:53 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
View Item |