ANISAH, FARIHATUL (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU KOLASE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN KLENANG LOR 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI FARIHATUL ANISAH.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (14kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FARIHATUL ANISAH.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
BAB I FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (175kB) |
||
Text
BAB II FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (121kB) |
||
Text
BAB III FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (178kB) |
||
Text
BAB IV FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (335kB) |
||
Text
BAB V FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (80kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FARIHATUL ANISAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (10kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku kolase yang layak dalam pembelajaran tematik untuk tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV SDN Klenang Lor 1. Pengembangan media ini bertujuan agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengacu pada prosedur dari Borg & Garl yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, dan produ akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian dari ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, serta guru dan siswa kelas IV SD sebagai subjek coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku kolase layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melalui uji validasi dari para ahli, guru, dan siswa. Hasil validasi dari ahli media pembelajaran yaitu mendapat presentase sebesar 95% termasuk dalam kategori sangat valid. Penilaian dari ahli materi pembelajaran mendapat presentase sebesar 95% termasuk dalam kategori sangat valid. Uji coba pada guru mendapat presentase sebesar 88% termasuk dalam kategori sangat valid. Uji coba pada siswa mendapat presentase sebesar 82% termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Media Buku Kolase layak digunakan dalam pembelajaran tematik untuk tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV SD.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Buku Kolase, Pembelajaran Tematik, Kelas IV SD. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 03:36 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 03:36 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1482 |
Actions (login required)
View Item |