PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUL ISLAM SUMBERKERANG GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019

SAFITRI, DIA DWI (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUL ISLAM SUMBERKERANG GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI DIA DWI SAFITRI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DIA DWI SAFITRI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2 DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (197kB)
[img] Text
BAB 3 DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (210kB)
[img] Text
BAB 4 DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (413kB)
[img] Text
BAB 5 DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DIA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (77kB)

Abstract

Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan proses pembelajaran di MTs Tarbiyatul Islam Sumberkerang Gending Kabupaten Probolinggo masih berlangsung secara konvensional, yaitu siswa mendengarkan, penjelasan dari guru, mencatat, mengerjakan latihan-latihan soal kemudian diberi pekerjaan rumah dan ulangan akhir. Kegiatan belajar yang hanya berpusat pada guru mengakibatkan sebagian siswa untuk memilih tidur di dalam kelas atau pun memilih absen dari proses pembelajaran. Padahal dalam proses pembelajaran yang sebenarnya, guru diharapkan mengembangkan suatu kondisi kelas yang kondusif dalam arti bahwa guru mampu mengajak dan memotivasi para siswa untuk berpartisipasi dalam tiap kegiatan pembelajaran dalam kelas. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperativ tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Islam Sumberkerang Gending Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan salah satu penelitian yang paling tepat dan strategis untuk perbaikan proses pembelajaran yang permasalahannya banyak dialami oleh para tenaga pendidik dan kependidikan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif, mendeskripsikan dan menggambarkan secara utuh tentang Penerapan Pembelajaran Kooperativ tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Islam Sumberkerang Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Peljaran 2018-2019. Adapun metode prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, Dokumentasi dan Tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Adanya peningkatan Penerapan Pembelajaran Kooperativ tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Islam Sumberkerang Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019. Pada siklus I Motivasi belajar siswa di kategorikan meningkat dengan Skor 3 (Baik), akan tetapi masih ada siswa yang yang mendapat skor 2 (cukup) pada ratarata indikator. Ada peningkatan pada siklus II mencapaian motivasi belajar siswa dikategorikan sangat baik, dengan rata-rata indikator siswa mencapai 3 (baik) atau 4 (Sangat baik). (2) Adanya peningkatan Cara Penerapan Pembelajaran Kooperativ tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Islam Sumberkerang Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019. Pada siklus I penerapan proses pembelajaran NHT berada pada kategori Baik (Skor 3), sedangkan pada siklus II penerapan proses pembelajaran NHT ada pada kategori sangat baik (Skor 4). Dalam pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I sebagian siswa mengalami ketidak tuntasan, sedangkan pada siklus II semua siswa mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajran Kooperativ, Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:20
Last Modified: 19 Nov 2020 03:20
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item