Penerapan Metode Balanced Scorecard Dan Blue Ocean Strategy Untuk Strategi Pengembangan Usaha Pia(Studi Kasus Pada Pia Manalagi Kota Probolinggo)

Nurkholifah, Dita (2018) Penerapan Metode Balanced Scorecard Dan Blue Ocean Strategy Untuk Strategi Pengembangan Usaha Pia(Studi Kasus Pada Pia Manalagi Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER DITA NURKHOLIFAH.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DITA NURKHOLIFAH.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB-I DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (102kB)
[img] Text
BAB-II DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (376kB)
[img] Text
BAB-III DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (150kB)
[img] Text
BAB-IV DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (243kB)
[img] Text
BAB-V DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA DITA NURKHOLIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan padaPia Manalagidi kota Probolinggo yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode balanced scorecard dan blue ocean strategy untuk srategi pengembangan usaha pia pada Pia Manalagidi kota Probolinggo.Dalam penelitian ini peneliti perlu untuk melakukan pembatasan masalah, yaitu menganalisis pengukuran kinerja UMKM dengan pendekatan balanced scorecard pada Pia Manalagitahun 2015-2017 dan memformulasikan srategi pengembangan usaha dengan blue ocean strategi. Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitiaan ini adalah “Dengan penerapan metode Balanced Scorecard dan Blue Ocean Strategy, maka dapat digunakan sebagai alat untuk pembuatan strategi pengembangan usaha pia pada Pia ManalagiKota Probolinggo”. Menurut Hansen/Mowen (2013:366)menyatakan bahwa ”Balanced Scorecard adalah sistem manajemen strategis yang mendifinisikan sistem akuntasi pertanggung jawaban berdasarkan strategi”. Sedangkan Blue ocean adalah strategi dimana pola pemikirannya didasrkan pada inovasi dan keluar dari kebiasaan yang rasional. Peneliti menggunakan jenis penelitian triangulasi, triangulasi adalah pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Praktek triangulasi tergambar dari kegiatan penelitian yang bertanya pada informan A dan mengklarifikasinya dengan informan B serta mengeksplorasinya pada informan C. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai ROI sebesar 16,8% dikatakan baik, rata-rata Profit Margin Pia Manalgi sebsesar 9,4% jadi dapat dikatakan baik, Operating Ratio Pia Manalagi mengalami penurunan dari tahun ketahun yang berarti bahwa Pia Manalagi tidak dapat memanfaatkan biaya yang dimiliki dalam menghasilkan penjualan bersih maka dari itu dikatakan baik. Retensi pelanggan pada Pia Manalagi mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pengukuran kinerja perspektif bisnis internal menunjukan inovasi adalah dari tahun ketahun 0%. Produktivitas karyawan Pia Manalagi dinilai “cukup” karena mengalami peningkatan yang tidak signifikan. Berdasarkan grafik kanvas strategi menunjukan kondisi persaingan pasar antara ketiga produk yaitu Pia Manalagi, Pia Gaya Bali, Pia Krispy. Diketahui bahwa Pia Manalagi dalam posisi Samudra Merah yang dilihat dari atribut perbandingan, terutama pada atribut kesuaian produk dan ketersediaan variaan yang ketiganya saling bersaing dengan sengit. Sehingga dibutuhkan strategi baru dalam menciptakan kondisi blue ocean.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard dan Blue Ocean Strategy
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2019 06:56
Last Modified: 01 Apr 2019 06:56
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item