PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA DAN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN USAHA IKAN ASAP DI KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO

SUKAMTI, (2020) PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA DAN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN USAHA IKAN ASAP DI KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRPSI SUKAMTI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUKAMTI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB I SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (232kB)
[img] Text
BAB II SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (255kB)
[img] Text
BAB III SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (498kB)
[img] Text
BAB V SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUKAMTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap pengusaha ikan asap di bawah UPT Pemasaran dan Pengembangan Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) Kota Probolinggo yang berlokasi di JL. Lingkar Utara Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo Tahun 2018 – 2019 dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan modal, tenaga kerja dan pemasaran yang mereka lakukan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah pengusaha ikan asap yang berada di lingkungan Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo sebanyak 44 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan untuk variable modal, tenaga kerja, pemasaran, pendapatan rumah tangga, masing – masing memiliki 6 item pernyataan. Data sekunder diperoleh dari data yang berkaitan dengan pengusaha ikan asap. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara variable modal,tenaga kerja dan pemasaran terhadap pendapatan rumah tangga. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Fhitung 167,353 >Ftabel 2,84 dengan nilai sig. F = 0,000 < 0,05. Dari uji determinasi R2 bahwa besar presentase variable modal, tenaga kerja dan pemasaran terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 0,926 atau 92,6% artinya bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar dan sisanya 7,4% dipengaruhi variable lain yang tidak disebutkan dalam penelitian. Tingkat signifikan dari modal sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,025 dengan nilai thitung 3,524 > ttabel 2,019. Tingkat signifikan dari tenaga kerja sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,025 dengan nilai thitung 3,295 > ttabel 2,019. Tingkat signifikan dari pemasaran sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025 dengan nilai thitung 4,844 > ttabel 2,019. Dilihat dari nilai beta untuk variable modal memiliki nilai sebesar 0,287, Tenaga Kerja sebesar 0,297 dan Pemasaran sebesar 0,436. Sedangkan dari nilai t dan nilai beta diatas dapat disimpulkan bahwa variable pemasaran memiliki nilai yang paling besar yaitu nilai t sebesar 4,844 dan beta sebesar 0,436 dan merupakan variabel yang dominan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2021 01:49
Last Modified: 08 Mar 2021 01:49
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item