SAFITRI, VIVIE YULIA (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kasus Siswa Kelas IV A di SD Negeri Pabean Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (95kB) |
||
|
Text
RINGKASAN VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB I VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (225kB) |
||
Text
BAB II VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (312kB) |
||
Text
BAB III VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (220kB) |
||
Text
BAB IV VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (451kB) |
||
Text
BAB V VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA VIVIE YULIA SAFITRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (116kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu media mencerdaskan kehidupan bangsa dan membawa bangsa pada era kemajuan. Selama ini pendidikan di Indonesia belum mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya. Pemerintah, dalam usahanya melakukan penguatan pendidikan karakter khususnya pada usia dini jenjang pendidikan dasar adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Sejalan dengan penguatan pendidikan karakter mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai pembawa misi pendidikan moral di Indonesia yang mengarah kepada karakter peserta didik. Melalui Kurikulum 2013 yang bersifat tematik integratif yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dan menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggali informasi sedalamdalamnya untuk memunculkan beberapa jawaban dari permasalahan tersebut sehingga peneliti mengetahui langsung kondisi yang nyata dan keadaan lapangan mengenai pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berjalan dengan baik dengan beberapa indikator yang terdiri dari kebijakan, implemenator yang berperan dalam pelaksanaan kebijakan, sumber daya yang memadai. Dalam pelaksanaannya pasti ada masalah yang terjadi, kemudian ditemukan cara meminimalisir masalah. Hasil akhir yang dicapai bahwa siswa memiliki 5 karakter baik, yakni: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Implementasi, Kebijakan, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:18 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |