ANALISIS SWOT SEBAGAI PENETUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO

ZAMI’AH, CHOSNUL (2021) ANALISIS SWOT SEBAGAI PENETUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI CHOSNUL ZAMI’AH.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK CHOSNUL ZAMI’AH.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB I CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)
[img] Text
BAB II CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (238kB)
[img] Text
BAB III CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (600kB)
[img] Text
BAB V CHOSNUL ZAMI’AH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CHOSNUL ZAMIAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (33kB)

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap Perguruan Tinggi Universitas Panca Marga Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana Analisis SWOT Sebagai Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing, selain itu juga untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi di Universitas Panca Marga Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data berupa pembobotan melalui IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Variabel yang diterliti adalah Analisis SWOT, Strategi Pemasaran dan Daya Saing di Universitas Panca Marga Probolinggo dengan melakukan wawancara secara tertutup dengan beberapa mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dengan Kekuatan sebesar 2.09 dan Kelemahan sebesar 1.02 maka jika dijumlahkan keseluruhannya sebesar 3.11 dan hasil penelitian untuk EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary) dengan Peluang sebesar 1.89 dan Ancaman sebesar 1.04 jika dijumlahkan keseluruhannya adalah 2.93. Maka dapat diketahui posisi Universitas Panca Marga berada pada kuadran I. Dengan kondisi seperti ini Universitas Panca Marga dihadapkan pada situasi yang yang sangat menguntungkan karena memiliki nilai yang baik yaitu diposisi peluang/Opportunities (Promosi yang terbuka) dan kekuatan/Strenght (Semua program studi berakreditasi baik) sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang dimiliki. Strategi pemasaran yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi agresif. Strategi ini menandakan keadaan yang kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk memikat calon mahasiswa baru. Dimana dalam strategi ini kampus diharapkan supaya bisa mempertahankan keadaan yang sudah berkembang dengan tetap menawarkan Program Studi yang sudah berakreditasi baik dengan melakukan promosi secara terbuka dan dengan memanfaatkan lokasi kampus yang dekat dengan batas kota serta memanfaatkan jaringan alumni mahasiswa UPM maka dapat menarik calon mahasiswa baru supaya bisa kuliah di UPM dan dengan tersedianya transaksi pembayaran di area kampus mahasiswa dengan mudah mendapatkan pelayanan administrasi yang ramah. Dalam strategi ini dapat meningkatkan daya saing pada Perguruan Tinggi Universitas Panca Marga.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Daya Saing
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:53
Last Modified: 03 Nov 2021 04:53
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item