ANALISIS IMPLEMENTASI PRODUK MIKRO KREASI BAGI PERKEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KOTA PROBOLINGGO

HAMIM, ERIKA ANALISIS IMPLEMENTASI PRODUK MIKRO KREASI BAGI PERKEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ERIKA HAMIM.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ERIKA HAMIM.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB I ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (81kB)
[img] Text
BAB II ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (270kB)
[img] Text
BAB III ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (352kB)
[img] Text
BAB V ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ERIKA HAMIM.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (114kB)

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap Perusahaan PT. Pegadaian (Persero) Kota Probolinggo Tahun 2019 – 2020 dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dari Produk Mikro Kreasi bagi perkembangan usaha kecil dan menengah di Kota Probolinggo. Hal ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui perkembangan usaha para pengguna Produk Ultra Mikro Kreasi dan apakah modal usaha yang diberikan akan meningkatkan pendapatan usaha. Sehingga usaha tersebut dapat bertahan dalam masa pandemi Covid-19 Kota Probolinggo. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana peneliti menggunakan teknik wawancara secara langsung terhadap nasabah pengguna produk Mikro Kreasi untuk mengetahui dampak produk ini bagi perkembangan usaha. Peneliti juga menggunakan jenis penelitian kuantitatif sebagai pendukung dengan menunjukkan persentase pertumbuhan usaha ditinjau dari peningkatan pendapatan sebelum menggunakan produk Mikro Kreasi dan setelah menggunakan produk ini di masa pandemi covid-19. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini menggunakan informan PT. Pegadaian (Persero) yaitu sebanyak 10 orang pelaku usaha pengguna Produk Ultra Mikro. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Serta untuk pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan Confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari data 10 nasabah produk Ultra Mikro Kreasi PT. Pegadaian Kota Probolinggo terdapat 2 nasabah yang mengalami peningkatan pendapatan karena pendapatan yang didapat digunakan untuk mengembangkan usaha yaitu menambah jenis usaha dan 1 nasabah yang tidak mengalami peningkatan maupun penurunan dalam perkembangan usahanya. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hasil produksi tetapi juga terjadi penurunan minat beli konsumen yang mengakibatkan kestabilan dalam pendapatan. Terdapat juga 7 nasabah yang tidak mengalami peningkatan pendapatan, karena pendapatan yang didapat untuk menambah peralatan usahanya.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk Kreasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Covid-19.
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:17
Last Modified: 16 Sep 2022 04:17
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item