ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCE SCORECARD PADA UD. BATIK MANGGUR PROBOLINGGO DALAM MENINGKATKAN LABA PERIODE 2016-2018

SHOLEH, ALVIN MAULANA MALIKUS (2021) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCE SCORECARD PADA UD. BATIK MANGGUR PROBOLINGGO DALAM MENINGKATKAN LABA PERIODE 2016-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB I ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (92kB)
[img] Text
BAB II ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (214kB)
[img] Text
BAB III ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (249kB)
[img] Text
BAB V ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALVIN MAULANA MALIKUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kinerja perusahaan di lokasi dengan menggunakan Balance scorecard pada UD. Batik Manggur Probolinggo untuk meningkatkan laba. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sejumlah aktivitas perusahaan yang dilakukan di perusahaan UD. Batik Manggur Probolinggo berupa laporan keuangan dan laporan non keuangan tahun 2016-2018. Pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah data keuangan dan non keuangan yang digunakan untuk mengukur perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada UD. Batik Manggur Probolinggo tahun 2016-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perspektif Keuangan Dilihat secara keseluruhan perspektif keuangan, kondisi perusahaan dinilai kinerjanya baik, hanya saja perusahaan perlu memperhatikan aspek current ratio dimana perusahaan masih belum stabil untuk memenuhi kewajiban jangka pendek. Kondisi ini mengkhawatirkan menghilangkan kepercayaan pihak ketiga. (2) Perspektif Pelanggan / Anggota, Dilihat secara perspektif pelanggan, dimana kondisi perusahaan belum mampu memenuhi tingkat customer acquisition ini dikarenakan promosi yang dilakukan perusahaan masih kurang maksimal dan efektif, sehingga pelanggan belum tertarik untuk melakukan proses pemesanan. (3) Perspektif Proses Bisnis Internal, Dilihat dari proses bisnis internal, semua aspek memperlihatkan dalam kondisi yang baik. Membuktikan bahwa kinerja yang dilakukan perusahaan sangat membaik dan efektif untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. (4) Perspekif Pertumbuhan dan Pembelajaran, Dilihat dari sektor pertumbuhan dan pembelajaran masih dalam kondisi yang cukup baik. Berarti bahwa karyawan perusahaan masih banyak yang melakukan ketidak hadiran dalam proses operasional perusahaan dan tingkat kesejahteraan dan kenyamanan perusahaan sehingga terdapat karyawan yang melakukan pengunduran diri. Dari keempat perspektif tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja UD. Batik Manggur Probolinggo berada didaerah “cukup baik”, karena skor 0,41 terletak didaerah cukup antara 0 – 0,6, namun harus tetap memperhatikan atau memperbaiki hal-hal yang masih mengalami penurunan, sehingga pada tahun berikutnya metode Balanced Scorecard dapat dijalankan dengan baik dan sempurna, yang nantinya dapat meningkatkan tujuan perusahaan dapat tercapai.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perusahaan, Metode Balanced scorecard, Laba perusahaan
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:59
Last Modified: 23 Sep 2022 03:59
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item