PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, MOTIVASI USAHA DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO DI ERA PANDEMI COVID-19

WIRANTI, MEILISA AYU (2021) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, MOTIVASI USAHA DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO DI ERA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MEILISA AYU WIRANTI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MEILISA AYU WIRANTI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2 MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (570kB)
[img] Text
BAB 3 MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (414kB)
[img] Text
BAB 4 MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MEILISA AYU WIRANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan dominan antara social media marketing, motivasi usaha dan peran pemerintah terhadap keberhasilan usaha UMKM Kecamatan Kraksaan di era pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan asosiatif kausal. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden yang terdiri dari pelaku UMKM makanan dan minuman di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert, dengan metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (adjusted R square), uji hipotesis simultan (F), parsial (t) dan dominan (standardized beta) dengan bantuan program IBM SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Social media marketing, motivasi usaha dan peran pemerintah berpengaruh secara simultan terhadap keberhasilan usaha UMKM yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (25,373 > 2,14): (2) Social media marketing tidak berpengaruh secara parsial terhadap keberhasilan usaha UMKM yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (0,14 < 1,291), motivasi usaha berpengaruh secara parsial terhadap keberhasilan usaha UMKM yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (8,012 > 1,291), dan peran pemerintah tidak berpengaruh secara parsial terhadap keberhasilan usaha UMKM yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (0,192 < 1,291); (3) Motivasi usaha berpengaruh dominan terhadap keberhasilan usaha UMKM memiliki koefisien beta (0,672) yang lebih besar dari variabel social media marketing (0,001) dan peran pemerintah (0,019). Hasil uji analisis determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square 44,3%, sedangkan sisanya 55,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti saat ini.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Motivasi Usaha, Peran Pemerintah, Keberhasilan Usaha.
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:22
Last Modified: 07 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item