SHOLEHAH, IMROATUS (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SDN BANYUANYAR LOR KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI IMROATUS SHOLEHAH.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
||
|
Text
ABSTRAK IMROATUS SHOLEHAH.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (175kB) |
||
Text
BAB II IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (296kB) |
||
Text
BAB III IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (313kB) |
||
Text
BAB IV IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (518kB) |
||
Text
BAB V IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (141kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA IMROATUS SHOLEHAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (158kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan terhadap SDN BANYUANYAR LOR Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dapatkah penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di SDN BANYUANYAR LOR Kabupaten Probolinggo dan mengetahui penerapan Model Pembelaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA kelas Iv di SDN BANYUANYAR LOR Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SDN BANYUANYAR LOR Kabupaten Probolinggo kelas IV yang terdiri dari 24 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 12 orang dan siswi perempuan 12 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini skor pekerjaan secara individu dan kelompok, pertanyaan verbal siswa dan guru, hasil observasi, dan catatan lapangan dari kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan peneliti adalah mengggunkan Analisis Deskriptif Komparatif, yaitu dengan menggambarkan data yang telah terkumpul dan membandingkan antara hasil nilai uji tes pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil nilai yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama. Berdasarkan uraian hasil pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus dalam pembelajaran IPA, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pokok bahasan Gaya, gerak dan macammacam gaya disekitar menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 80,35% pada siklus 2, dimana angka tersebut sangat signifikan dibanding tingkat ketuntasan belajar pra siklus yaitu 33,4%.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping , Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Feb 2023 04:21 |
Last Modified: | 25 Feb 2023 04:21 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3435 |
Actions (login required)
View Item |