PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI RANUAGUNG III KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

ZAINUL, RIDWAN (2021) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI RANUAGUNG III KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RIDWAN ZAINUL.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIDWAN ZAINUL.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB I RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (156kB)
[img] Text
BAB II RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (373kB)
[img] Text
BAB III RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (610kB)
[img] Text
BAB V RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIDWAN ZAINUL.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (111kB)

Abstract

Metode pembelajaran cooperative learning bukan sekerdar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya.Jadi, system pengajaran. cooperative learning bias didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPS setelah diterapkannya pembelejaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, reflek Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Siswa Kelas VI SDN Ranuagung III Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Pada penelitian ini prestasi siswa mengalami peningkatan setelah diadakan proses beajar mengajar yaitu : prestasi belajar siswa pada awal siklus adalah : 52, siklus 1 : 63,5, siklus 2 : 83,5. Keimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar SiswaVI SDN Ranuagung III Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, serta. Model pembelajaran ini dapatdi gunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Mar 2023 11:26
Last Modified: 06 Mar 2023 11:26
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item