HASAN, NADIYA AYU UMARA (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 1908 MELALUI APLIKASI ZOOM DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS. AL FALAH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB I NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (239kB) |
||
Text
BAB II NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (535kB) |
||
Text
BAB III NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (205kB) |
||
Text
BAB IV NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (299kB) |
||
Text
BAB V NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NADIYA AYU UMARA HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (168kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pembelajaran berbasis masalah melalui aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dimana metode penelitian yang berusaha mengumpulkan data secara naratif dalam bentuk kata – kata dari fenomena yang diselidiki. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. AL FALAH Jalan Durian No. 13, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo dan obyek yang diteliti terbatas pada siswa kelas VIII MTs. AL FALAH dengan jumlah siswa sekitar 18 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket/Kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada pembelajaran berbasis masalah melalui aplikasi zoom. Pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran dengan menggunakan masalah yang dihadapi dalam dunia nyata/kehidupan sehari-hari sebagai konteks bagi siswa sehingga merangsang untuk berpikir kritis dan menggunakan keterampilan yang dimilki dalam memecahkan masalah sehingga siswa memperoleh konsep serta pengetahuan esensi dati materi yang dipelajarainya. Dengan menerap[kan pembelajaran berbasis masalah siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada proses pembelajaran dimana menunjukkan bahwa siswa aktif, berpikir kritis, antusias dalam belajar. Hal ini juga didukung oleh hasil dari wawancara dan angket dengan siswa yang menjelaskan bahwa siswa antusias, senang belajar, aktif, kritis pada pembelajaran berbasis masalah melalui aplikasi zoom karena menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah mellaui aplikasi zoom. Di mana pembelajaran ini membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar meningkat.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Aplikasi Zoom, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 04:28 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3627 |
Actions (login required)
View Item |