PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN POHSANGIT KIDUL 2

INDASAH, ISTIROTIN (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN POHSANGIT KIDUL 2. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 ISTIROTIN INDASAH.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ISTIROTI INDASAH.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Data di SDN Pohsangit Kidul 2 menunjukkan bahwa dalam pembelajaran yang berlangsung di kelas guru menggunakan buku paket sebagai sumber belajarnya dan siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru, mencatat, mengulang pembelajaran di rumah serta menghafal pada saat menghadapi ulangan. Sehingga siswa merasa jenuh dan menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SDN Pohsangit Kidul 2.Bertolak konteks yang terjadi maka difokuskan pada dua permasalahan: (1) Bagaimana penerapan media Mind Mapping dalam pembelajaran IPS, (2) Apakah media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media Mind Mapping dan meningkatkan hasil siswa kelas 4 SDN Pohsangit Kidul 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam peelitian PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini pada hakekatnya terdiri dari empat komponen yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan setelah menggunakan media Mind Mapping pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 40,00% dari KKM yang telah diterapkan yaitu 70%. Namun terjadi peningkatan pada siklus ke II mencapai 78,00% dan 95,00% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siklus ke II mencapai KKM yang telah diterapkan yaitu 70%.Berdasarkan hasil temuan di atas guru diharapkan dapat menggunakan berbagai macam media pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran tematik khususnya IPS, sehingga minat siswa untuk belajar IPS semakin meningkat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:42
Last Modified: 30 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item