WIBOWO, SUGENG (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN RANUAGUNG II KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SUGENG WIBOWO.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SUGENG WIBOWO.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUGENG WIBOWO.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SUGENG WIBOWO.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SUGENG WIBOWO.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SUGENG WIBOWO.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV SUGENG WIBOWO.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SUGENG WIBOWO.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SUGENG WIBOWO.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (941kB) | Preview |
Abstract
Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunkan pertanyaan terstruktur. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihan membuat paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis paragraf singkat bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SD Negeri Ranuagung II, (2) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ranuagung II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Obyek penelitian ini adalah siswa Kelas VI Semester 2 SD Negeri Ranuagung II Kecamatan Tiris Kkabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing meliputi: Planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan) dan replecting (refleksi). Melalui hasil penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Paragraf, Bahasa Indonesia, Pertanyaan Terstruktur |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 03:44 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 03:44 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4141 |
Actions (login required)
View Item |