PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN RANUAGUNG II KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

WIBOWO, SUGENG (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN RANUAGUNG II KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SUGENG WIBOWO.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SUGENG WIBOWO.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUGENG WIBOWO.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SUGENG WIBOWO.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SUGENG WIBOWO.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SUGENG WIBOWO.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SUGENG WIBOWO.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SUGENG WIBOWO.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SUGENG WIBOWO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunkan pertanyaan terstruktur. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihan membuat paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis paragraf singkat bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SD Negeri Ranuagung II, (2) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ranuagung II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Obyek penelitian ini adalah siswa Kelas VI Semester 2 SD Negeri Ranuagung II Kecamatan Tiris Kkabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing meliputi: Planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan) dan replecting (refleksi). Melalui hasil penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Paragraf, Bahasa Indonesia, Pertanyaan Terstruktur
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item