STRATEGI PARTAI POLITIK BARU DALAM MENJARING DUKUNGAN MASYARAKAT (Studi Pada Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia, Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia di Kota Probolinggo)

WATONI, SOHIBUL (2022) STRATEGI PARTAI POLITIK BARU DALAM MENJARING DUKUNGAN MASYARAKAT (Studi Pada Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia, Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia di Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SOHIBUL WATONI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SOHIBUL WATONI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SOHIBUL WATONI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SOHIBUL WATONI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SOHIBUL WATONI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SOHIBUL WATONI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SOHIBUL WATONI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SOHIBUL WATONI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SOHIBUL WATONI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Partai politik adalah pilar demokrasi yang berakar dari legitimasi sosial masyarakat. Demokrasi modern tidak bisa dibayangkan tanpa adanya partai politik. Partai politik saat ini memiliki masalah seperti kasus suap, korupsi, dan penyelewengan kekuasaan yang masih sering terjadi, hal ini mengikutsertakan semua partai politik dan para elite pimpinan partai politik, baik di pemerintahan eksekutif maupun lembaga legislatif, di tingkat pusat bahkan di daerah. Dari permasalahan diatas, membuat banyak organisasi yang mendeklarasikan dirinya sebagai partai politik, terutama pada pemilu tahun 2019. Masuknya partai baru dalam kompetisi pemilu membuat ruang persaingan menjadi ketat, karena mereka akan saling berebut pasar pemilih. Partai baru pada pemilu akan berhadapan dengan partai lama yang cenderung sudah bisa mempertahankan eksistensinya di pemilu dengan dibuktikan melalui keberhasilan mereka meraih kursi di parlemen. Dari uraian diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menjelaskan strategi partai politik baru dalam menjaring dukungan masyarakat di Kota Probolinggo. Serta dapat menjelaskan yang mempengaruhi keberhasilan strategi partai politik dalam menjaring dukungan masyarakat dari partai politik lama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari Data Kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Partai Politik Baru Dalam Menjaring Dukungan Masyarakat (Studi Pada Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia, Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia di Kota Probolinggo) memiliki kekurangan yang perlu untuk didiskusikan dengan hati-hati. Diskusi ulang ini dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan penggunaan strategi Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partai politik, Strategi, Push Marketing, Pull Marketing Dan Pass Marketing.
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:14
Last Modified: 03 Jan 2024 01:14
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item