MUSTOKOWENI, DEWI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI SD ALAM CORDOVA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DEWI MUSTOKOWENI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas I pada awal pertemuan dapat dikategorikan rendah, serta bahan ajar yang digunakan oleh guru kelas I sangatlah konvensional, kurang efektif serta guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Didasari oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian, maka peneliti memutuskan untuk melakukan observasi ke SD Alam Cordova tentang Peneapan model pembelajaran Discovery Learning deangan Tujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas I SD Alam Cordova Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua pertemuan dalam setiap siklusnya, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Alam Cordova yang berjumlah 4 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75% sejumlah 3 orang siswa memperoleh nilai dibawah 70, dan hanya ada satu orang siswa atau 25% siswa yang masuk dalam kategori tuntas, yaitu yang mendapat nilai KKM 70 dengan nilai ratarata 57. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 100% dimana seluruh siswa dalam kelas mendapatkan kategori tuntas dan sudah memperoleh nilai KKM 70 dengan nilai rata-rata 77. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas I SD Alam Cordova Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning, Matematika, Hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 03:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:45 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4249 |
Actions (login required)
View Item |