MUNIRO, DIANA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DIANA MUNIRO.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI DIANA MUNIRO.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DIANA MUNIRO.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 DIANA MUNIRO.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 DIANA MUNIRO.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 DIANA MUNIRO.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 DIANA MUNIRO.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 DIANA MUNIRO.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DIANA MUNIRO.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa-siswi dalam belajar dan kesulitan memahami materi pelajaran. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana implementasi model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam?. 2) Apa saja kendala yang dihadapi pada saat menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi kelas IX di sekolah tersebut? 3) Bagaimana upaya/solusi dari implementasi model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi kelas IX di sekolah tersebut? Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru mata pelajaran dan beberapa siswa-siswi Kelas IX. Hasil penelitian ini yaitu implementasi model project based learning dengan hasil karya berupa permainan “Ular Tangga” efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa-siswi kelas IX, hal ini dibuktikan ketika siswa dapat menjelaskan materi pelajaran dengan tepat, aktif dan semangat pada saat bermain Ular Tangga tersebut. Jadi, model project based learning merupakan model pembelajaran yang tepat jika digunakan oleh guru pada semua mata pelajaran karena siswa-siswi menjadi pusat utama dalam belajar dan teori yang disampaikan oleh guru dapat diimplementasikan dalam bentuk sebuah karya atau proyek.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:29 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |