PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn KELAS VII DI MTs. RAUDLATUL HASANIYAH KABUPATEN PROBOLINGGO

FEBRIYANTO, (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn KELAS VII DI MTs. RAUDLATUL HASANIYAH KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FEBRIYANTO.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FEBRIYANTO.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FEBRIYANTO.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FEBRIYANTO.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FEBRIYANTO.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FEBRIYANTO.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FEBRIYANTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FEBRIYANTO.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FEBRIYANTO.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mendorong toleransi pada siswa melalui pembelajaran di VII MTs Raudlatul Hasaniyah Tahun Pelajaran 2022-2023. Metodologi penelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Materi penelitian ini adalah gambaran tentang peran guru dalam menanamkan toleransi pada siswa, dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data pendukung dan pelengkap. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan perwakilan siswa MTs Raudlatul Hasaniyah. Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap toleransi siswa baik karena dapat mengarahkan dengan baik, memberikan motivasi, membimbing dan mengevaluasi, serta mengelola semua sumber daya yang ada di lembaga pendidikan untuk menggapai karakter tujuan siswa. Namun program tersebut tidak dilaksanakan secara maksimal, karena masih ada beberapa guru yang tidak mendukung atau menjalankan tugasnya yang mengakibatkan beberapa siswa tidak bersikap nilai-nilai toleransi. Faktor pendukung dan penghambat yang diketahui. Faktor pendukung adalah lingkungan yang bersih, sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik dan buku pelajaran siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan, salah memilih teman dan letak tempat tinggal siswa di daerah terpencil. Solusi guru PPKn untuk meningkatkan toleransi siswa adalah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, bersihbersih dan classmeeting. Namun solusi yang diajukan oleh kepala sekolah dan guru PPKn belum sepenuhnya terlaksana karena masih ada siswa dan guru yang tidak berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PPKn, Sikap Toleransi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:38
Last Modified: 20 Feb 2024 02:38
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item