PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI MTS RAUDLATUL HASANIYAH MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PUTRI, ALIFAH YULIA (2023) PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI MTS RAUDLATUL HASANIYAH MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ALIFAH YULIA.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ALIFAH YULIA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ALIFAH YULIA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ALIFAH YULIA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ALIFAH YULIA.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ALIFAH YULIA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ALIFAH YULIA.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ALIFAH YULIA.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ALIFAH YULIA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana perkembangan Wawasan Kebangsaan peserta didik yang ada di MTS Raudlatul Hasaniyah melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari observasi, dokumentasi serta wawancara. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain peserta didik sendiri, peran guru juga sangat penting dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Sehingga terciptanya kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk penguatan Wawasan Kebangsaan. Pada pelaksaan, peserta didik harus berperan aktif seperti bertanya, menyimpulkan hasil belajar, dan berpendapat. Guru hanya membantu jika ada kendala, kecuali jika peserta didik memiliki keterlambatan berfikir/berkebutuhan khusus guru akan memberi motivasi belajar pada peserta didik. Penguatan Wawasan Kebangsaan juga dapat dilihat dari perkembangan sikap dan karakter peserta didik selama pembelajaran berangsung. Seperti saat memperhatikan materi dan keaktifan bertanya. Kurangnya literasi menjadi faktor penghambat di MTS Raudlatul Hasaniyah. Solusi yang bisa dilakukan guru adalah membimbing peserta didik dalam pembelajaran dan praktek langsung dalam implemetasi Penguatan Wawasan Kebangsaan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: enguatan, Wawasan Kebangsaan, Peserta Didik, Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2024 02:25
Last Modified: 03 May 2024 02:25
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item