UJI KARAKTERISTIK KONSUMSI, EMISI GAS BUANG, DAN PERFORMA DENGAN VARIASI KOMPOSISI BAHAN BAKAR

RAHMAN, FAJAR (2023) UJI KARAKTERISTIK KONSUMSI, EMISI GAS BUANG, DAN PERFORMA DENGAN VARIASI KOMPOSISI BAHAN BAKAR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FAJAR RAHMAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FAJAR RAHMAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FAJAR RAHMAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FAJAR RAHMAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FAJAR RAHMAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FAJAR RAHMAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FAJAR RAHMAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FAJAR RAHMAN.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI FAJAR RAHMAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FAJAR RAHMAN.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Jumlah sampah plastik yang terus meningkat mengakibatkan pencemaran pada lingkungan. Salah satu penyebab pencemaran pada lingkungan adalah disebabkan meningkatnya konsumsi kebutuhan manusia dan rendahnya kesadaran pendidikan masyarakat. Maka dari itu perlu adanya proses daur ulang yang lebih menjanjikan dan berprospek kedepan. Salah cara untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan cara mengonversi sampah plastik menjadi minyak bahan bakar alternatif dengan metode pirolisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar sampah plastik polipropilena pada kendaraan terhadap uji konsumsi, emisi gas buang, dan performa dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 5%, 10%, 15% dan dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Produksi Universitas Panca Marga Probolinggo dengan metode eksperimental. Hasil dari pengujian terhadap konsumsi bahan bakar paling irit terdapat pada campuran bahan bakar sampah polipropilena 15% dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) terbaca pada rpm 1.000 yang mengkonsumsi 6 ml bahan bakar dan pada rpm 7.000 terbaca 17 ml. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan polipropilena 15% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar CO pada rpm 7.000 terbaca 0,02%. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 10% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar HC nilai terendah pada rpm 7.000 terbaca 41 ppm. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar CO2 nilai tertinggi pada rpm 7.000 terbaca 13,4%. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar O2 pada rpm 7.000. Data terbaik dari pengujian performa dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) dan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% dapat memberikan kenaikan nilai daya dan torsi pada sepeda motor. Hasil daya terbesar terjadi pada rpm 9.000 terbaca 15,36 HP dan torsi terbaca 10,25 Nm pada rpm 7.000.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2024 08:53
Last Modified: 28 May 2024 08:53
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item