MATSUSITHA, DEKA (2024) PENGEMBANGAN POWERPOINT (PPT) INTERAKTIF BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL KESOPANAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN MRANGGON LAWANG 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DEKA MATSUSITHA.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (179kB) |
||
|
Text
ABSTRAK DEKA MATSUSITHA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
BAB I DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (183kB) |
||
Text
BAB II DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (234kB) |
||
Text
BAB III DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (287kB) |
||
Text
BAB IV DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (177kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA DEKA MATSUSITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (183kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa PPT interaktif berbantuan powtoon pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Mranggon Lawang 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, observasi serta angket. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan 5 prosedur penelitian menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi, diantaranya: 1) studi pendahuluan, 2) perancangan media interaktif, 3) pengembangan produk, 4) validasi dan uji coba terbatas, 5) revisi produk akhir pada pengembangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Mranggon Lawang 1. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar praktisi pembelajaran, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh presentase sebesar 90% oleh ahli materi pembelajaran, ahli media dengan presentase 90%, praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan presentase 90%, dan hasil rekapitulasi respon siswa dengan presentase 92%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti valid dan praktis dengan revisi. Berdasarkan hasil penelitian, PPT Interaktif Berbantuan Powtoon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 dikatakan layak dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Moral Kesopanan, Powerpoint Interaktif, Powtoon. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 04:20 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 04:20 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4865 |
Actions (login required)
View Item |