FITRIYAH, LAILATUL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA STICKY NOTES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DI SDN MRANGGON LAWANG 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI LAILATUL FITRIYAH.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
||
|
Text
ABSTRAK LAILATUL FITRIYAH.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB I LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (329kB) |
||
Text
BAB II LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (570kB) |
||
Text
BAB III LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (343kB) |
||
Text
BAB IV LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (904kB) |
||
Text
BAB V LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (222kB) |
||
Text
BAB VI LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (376kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA LAILATUL FITRIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (410kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (27kB) |
Abstract
Kemampuan numerasi sangat perlu khususnya dalam menjalani hidup sehari-hari, karena keterampilan berhitung merupakan keterampilan penalaran yang diperlukan untuk mengambil keputusan sehari-hari. Kemampuan numerasi bisa ditingkatkan melalui pembelajaran proyek, karena siswa dilibatkan secara langsung menganalisis materi dan membuat sesuatu. Berdasarkan konteks yang terjadi maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Numerasi siswa melalui model pembelajaran project based learning, serta menjelaskan kendala dan solusi dalam penerapannya. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau disebut juga dengan PTK (Kemmis dan Mc.Taggart 2006:03) yang meliputi 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian menggunakan pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis media sicky notes dapat meningkatkan kemampuan numerik siswa. Bisa terlihat dari siklus pertama sebesar 50% dengan rat-rata nilai 67 dan mengalami peningkatan menjadi 83% dengan rata-rata nilai 75 pada siklus kedua. Peningkatan secara keseluruhan sebesar 33% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti sarankan kepada pihak sekolah tentunya bagi guru untuk menggunakan Model pembelajaran yang efektif dan menarik perhatian siswa agar kemampuan numerasi siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Numerasi, Matematika |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 05:49 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 05:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4871 |
Actions (login required)
View Item |