HIDAYAH, NAILATUL (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN POKOK BAHASAN MENAATI ATURAN DISEKITARKU KELAS 2 SDN SUMENDI 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NAILATUL HIDAYAH.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (143kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NAILATUL HIDAYAH.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (177kB) |
||
Text
BAB 2 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (204kB) |
||
Text
BAB 3 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (437kB) |
||
Text
BAB 4 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (259kB) |
||
Text
BAB 5 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (185kB) |
||
Text
BAB 6 NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA NAILATUL HIDAYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (139kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (375kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan guru kelas pada hasil belajar terdapat 15 siswa dari 26 siswa yang masih banyak mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya suatu model pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana siswa dihadapkan pada masalah autentik (nyata) sehingga mereka dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkan keterampilan berfikir kritis siswa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Model pembelajaran PBL merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan berfikir kritis siswa. Keberhasilan dari model PBL dapat didukung dengan pemberian masalah yang mudah dipahami oleh siswa sesuai dengan kejadian nyata. Penelitian ini dilaksanakan karena bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi (Menaati Aturan di Sekitarku) siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan dalam 1 minggu selama 2 minggu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 26 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat yang awalnya pada siklus 1 sebesar 59% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 81%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada pre tes yaitu 65,76 dengan persentase 50%, pada siklus 1 menjadi 73,82 dengan persentase 71,43%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85 dengan persentase 92,85%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:15 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:15 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4872 |
Actions (login required)
View Item |