PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN SUMBERBULU 1

OKTAFIA, PUTRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN SUMBERBULU 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI PUTRI OKTAFIA.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PUTRI OKTAFIA.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2 PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (373kB)
[img] Text
BAB 3 PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (322kB)
[img] Text
BAB 4 PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (917kB)
[img] Text
BAB 5 PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PUTRI OKTAFIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (184kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (231kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika mengalami hambatan yaitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian karena cara mengajarnya guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan jari tangan. Kondisi ini yang melatarbelakangi peneliti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran papan pintar perkalian yang memiliki tingkat kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan, serta dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model Pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) perencanaan, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, dan 6) uji coba produk. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SDN Sumberbulu 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, yang diberikan kepada validator yaitu ahli media, ahli materi/isi, ahli pembelajaran/guru kelas, dan siswa kelas III. Hasil uji coba produk yang telah peneliti lakukan kepada ahli media sudah dikatakan sangat valid dengan hasil skor presentase 88% dan ahli media media mendapatkan hasil skor presentase 88% yang berada pada tingkat sangat valid. Berdasarkan uji coba lapangan, perolehan nilai dari guru kelas III memperoleh nilai 98% hasil ini termasuk dalam kategori sudah sangat valid. Dan pada hasil prestest dan posttes dapat dilihat bahwa siswa mengalami kenaikan terhadap nilai tes mereka sebelum menggunakan media pembelajaran (pretest) dan sesudah menggunakan media pembelajaran (posttest). Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan yaitu media pembelajaran papan pintar ini dapat membantu guru dalam menjelaskan materi. Media ini diberikan oleh guru untuk siswa pada saat pembelajaran matematika. Saran untuk membangun penelitian ini bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan produk lebih lanjut, disarankan mendesain media dengan lebih menarik lagi dan juga dapat menambahkan materi yang lebih luas lagi namun mudah dipahami.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Papan Pintar Perkalian, Kemampuan Berhitung Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:40
Last Modified: 03 Sep 2024 01:40
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item