PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SDN SUKOHARJO 1 PROBOLINGGO

PRASTYANINGSIH, TRI UTAMI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SDN SUKOHARJO 1 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (418kB)
[img] Text
BAB 3 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (320kB)
[img] Text
BAB 4 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (296kB)
[img] Text
BAB 5 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (226kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (245kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 rendah khususnya pada mata pelajaran IPAS. Hal itu disebabkan oleh model pembelajaran yang monoton. Untuk itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay disarankan pada kelas tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 pada mata pelajaran IPAS. Hasil hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS khususnya pada materi panca indra. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah sampelnya yaitu 49 (penelitian populasi). Instrumen penelitiannya yaitu modul ajar dan soal pretest posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian diperoleh pada uji homogenitas motivasi belajar siswa dapat diketahui bahwa nilai Sig. post eksperimen dan post kontrol > 0,05 yang berarti bahwa kedua populasi data adalah homogen. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay menggunakan uji hipotesis menunjukkan bahwa output Pair 1 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas eksperimen (Model Kooperatif tipe Course Review Horay). Berdasarkan output Pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,811 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol (Model Konvensional). Kesimpulan yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dilakukan (pretest) model pembelajaran koopperatif tipe Course Review Horay dan setelah dilakukan (posttest) model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pretest-Posttest Control Group Design, Course Review Horay.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:04
Last Modified: 03 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4878

Actions (login required)

View Item View Item