PRASTYANINGSIH, TRI UTAMI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SDN SUKOHARJO 1 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (147kB) |
||
|
Text
ABSTRAK TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (282kB) |
||
Text
BAB 2 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (418kB) |
||
Text
BAB 3 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (320kB) |
||
Text
BAB 4 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (296kB) |
||
Text
BAB 5 TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (149kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA TRI UTAMI PRASTYANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (226kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (245kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 rendah khususnya pada mata pelajaran IPAS. Hal itu disebabkan oleh model pembelajaran yang monoton. Untuk itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay disarankan pada kelas tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 pada mata pelajaran IPAS. Hasil hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS khususnya pada materi panca indra. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah sampelnya yaitu 49 (penelitian populasi). Instrumen penelitiannya yaitu modul ajar dan soal pretest posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian diperoleh pada uji homogenitas motivasi belajar siswa dapat diketahui bahwa nilai Sig. post eksperimen dan post kontrol > 0,05 yang berarti bahwa kedua populasi data adalah homogen. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay menggunakan uji hipotesis menunjukkan bahwa output Pair 1 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas eksperimen (Model Kooperatif tipe Course Review Horay). Berdasarkan output Pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,811 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol (Model Konvensional). Kesimpulan yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dilakukan (pretest) model pembelajaran koopperatif tipe Course Review Horay dan setelah dilakukan (posttest) model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SDN Sukoharjo 1 Kota Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pretest-Posttest Control Group Design, Course Review Horay. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:04 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4878 |
Actions (login required)
View Item |