PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATERI PERUBAHAN CUACA SDN RANUKLINDUNGAN II KABUPATEN PASURUAN

LESTARI, TRIA PUJI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATERI PERUBAHAN CUACA SDN RANUKLINDUNGAN II KABUPATEN PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI TRIA PUJI LESTARI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TRIA PUJI LESTARI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2 TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)
[img] Text
BAB 3 TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (148kB)
[img] Text
BAB 4 TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5 TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TRIA PUJI LESTARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (95kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh banyaknya guru yang masih mengandalkan metode pembelajaran konvensional yang hanya memusatkan perhatian pada materi buku saja. Pada pembelajaran ini suasana kelas cenderung teacher centered sehingga siswa menjadi pasif. Kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam penggunaan media jenis 3 dimensi atau media visual yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga peneliti memiliki tujuan untuk menggunakan media yaitu diorama yang akan disesuaikan dengan tujuan memberikan pemahaman materi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran 3 dimensi diorama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk jenis penelitiannya pre-eksperimen dengan desain yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Dalam desain one grup pretest-posttest dimana melibatkan satu kelompok eksperimen, yaitu mendapatkan perlakuan dan tidak ada kelompok pembanding. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian menurut Sugiyono (2017:75) desain penelitian one group pretest-posttest design, diantaranya: (1) O1 : Nilai pretest (sebelum diberi perlakuan). (2) X : Treatment yang diberikan dengan menggunakan media pembelajaran 3 dimensi diorama. (3) O2 : Nilai posttest (setelah diberi perlakuan). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Ranuklindungan II Kabupaten Pasuruan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur sejauh mana penggunaan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan memperoleh hasil hipotesis yang diuji menggunakan uji statistik t (uji t) pada kedua kelompok, dengan hasil

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran 3 Dimensi, Diorama.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:21
Last Modified: 03 Sep 2024 04:21
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item