PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN NGADISARI 1 TAHUN AJARAN 2022-2023

Ferdina, Vifian Lestin (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN NGADISARI 1 TAHUN AJARAN 2022-2023. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI VIFIAN LESTIN FERDINA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI VIFIAN LESTIN FERDINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK VIFIAN LESTIN FERDINA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB I VIFIAN LESTIN FERDINA 204420016.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (233kB)
[img] Text
BAB II VIFIAN LESTIN FERDINA 204420016.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (411kB)
[img] Text
BAB III VIFIAN LESTIN FERDINA 204420016.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV VIFIAN LESTIN FERDINA 204420016.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
BAB V VIFIAN LESTIN FERDINA 204420016.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VIFIAN LESTIN FERDINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (212kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pada pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan kurangnya inovasi perangkat ajar yang digunakan pendidik sehingga membuat siswa kurang antusias saat melaksanakan pembelajaran di kelas Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat ajar pada mata pelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyeluruh dan bermakna bagi siswa, dengan fokus pada penguatan pemahaman nilai-nilai Pancasila Gaya Hidup Berkelanjutan. Metode penelitain ini menggunakan model Research and Development menurut Borg and Gall. Prosedur penelitian ini meliputi penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan produk, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan operasional dan penyempurnaan produk akhir sebagai hasil final. Subjek penelitian meliputi dua orang ahli materi dan seorang ahli media untuk uji validasi. Teknik pengmpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Jenis data berupa deskriptif kualitatif. Skor akhir dari penilaian ahli materi adalah bentuk penilaian yang dilakukan oleh ahli materi I pada aspek tujuan dari produk LKS kembangkan diperoleh jumlah skor dengan rata-rata 5. Data ini jika di interpretasikan bahwa pada aspek tujuan dari produk yang peneliti kembangkan termasuk dalam kriteria “sangat baik, dan menunjukkan hasil tanpa revisi. bentuk penilaian yang dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran pada aspek ini dari produk LKS yang peneliti kembangkan diperoleh jumlah skor dengan rata-rata 5. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa LKS dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” Bagi siswa kelas V SDN Ngadisari Probolinggo sudah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Bhinneka Tunggal Ika, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:10
Last Modified: 03 Sep 2024 06:10
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4880

Actions (login required)

View Item View Item