RAMADHANI, FITRIA EKA (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI MTs RAUDLATUL HASANIYAH KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (315kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB I FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (299kB) |
||
Text
BAB II FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (186kB) |
||
Text
BAB III FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (339kB) |
||
Text
BAB IV FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (668kB) |
||
Text
BAB V FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FITRIA EKA RAMADHANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (414kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (374kB) |
Abstract
Guru mempunyai peran penting sebagai agen pembelajaran yang dapat menginspirasi siswanya untuk membuat perbedaan dan meningkatkan kecerdasan moral mereka. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di MTs Raudlatul Hasaniyah. (2) Untuk mendeskripsikan cara dan solusi guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa di MTs Raudlatul Hasaniyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn, kepala sekolah dan objek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII,VIII, dan IX di MTs Raudlatul Hasaniyah yang diambil secara acak dari setiap kelas tersebut berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun peran guru sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan sebagai educator, peran guru sebagai manager, peran guru sebagai leader, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai administrator, peran guru sebagai inovator, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai dinamisator. Dan siswa juga sudah dapat menunjukkan kompetensi moral melalui 4 aspek yaitu integritas, bertanggung jawab, kasih sayang, pengampunan. Mendorong siswa untuk mengikuti program atau kebijakan esktrakulikuler sebagai wadah mengembangkan kecerdasan moral terutama dalam bentuk sikap.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, PPKn, Kecerdasan Moral |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 01:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 01:29 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4885 |
Actions (login required)
View Item |