ALAM, MIHBUB (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn DI MTs WALI SONGO 1 MARON. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI MIHBUB ALAM.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (294kB) |
||
|
Text
ABSTRAK MIHBUB ALAM.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB I MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (405kB) |
||
Text
BAB II MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (655kB) |
||
Text
BAB III MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (444kB) |
||
Text
BAB IV MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (417kB) |
||
Text
BAB V MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (186kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA MIHBUB ALAM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (301kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui sejauh mana sistem kurikulum merdeka belajar berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada MTs Walisongo 1 Maron, karena secara tidak langsung bisa menjadi tolak ukur bagi dunia pendidikan baik bagi kepala Sekolah, Guru, Peserta didik, Tenaga pendidik, bahkan masyarakat, penelitian ini dapat menjadi implikasi dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Wali Songo 1 Maron, pada bulan Februari-Maret 2024. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui lebih mendalam mengenai implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada informan Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru PPKn dan perwakilan 2 orang siswa MTs Wali Songo 1 Maron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di MTs Wali songo 1 Maron baru berjalan tahun ajaran 2023/2024 belum genap 1 tahun, penerapan kurikulum merdeka belum maksimal, Madrasah belum mendapatkan SK dari Pemerintah, namun sudah melaksanakan beberapa point IKM walau tidak semua. ada 4 point yang kami temukan sesuai fokus penelitian, yaitu: persiapan, Pelaksanaan, Asesment, Hambatan, Solusi IKM MTs Wali Songo 1 Maron dan dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa meningkat dibuktikan dengan terpenuhinya indikator minat belajar siswa di MTs Wali songo 1 Maron khususnya dalam pembelajaran PPKn. Diantaranya Siswa senang didalam kelas, proses pembelajaran sudah berlangsung dengan baik karena guru menjelaskan tujuan dan projek akhir yang harus mereka laksanakan. Keterlibatan siswa sudah aktif dari bertanya, mengutarakan pendapat, menjawab, berdiskusi bahkan dalam membuat projek atau tugas akhir dan hasil belajar mereka meningkat signifikan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, kurikulum Merdeka Belajar, Minat Belajar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:07 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:07 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4886 |
Actions (login required)
View Item |