FIRDAUSSY, ANDINI NUR (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA KARTU GLADEN PADA SISWA KELAS IV SDN WIROBORANG 4 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Download (37kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR ISI ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (219kB) |
||
|
Text
12. ABSTRAK INDO DAN INGGRIS ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text
13. BAB I ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (394kB) |
||
Text
14. BAB II ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (261kB) |
||
Text
15. BAB III ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (210kB) |
||
Text
16. BAB IV ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (734kB) |
||
Text
17. BAB V ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
||
Text
18. DAFTAR PUSTAKA ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (19kB) |
||
Text
20. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI ANDINI NUR FIRDAUSSY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (112kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Jawa di SDN Wiroborang 4 Kota Probolinggo mengalami hambatan yaitu masih banyak siswa yang kurang lancar dalam membaca aksara jawa. Kondisi inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated and Reading Composition) dengan berbantuan media kartu gladen sehingga dengan model pembelajaran dan media tersebut membaca aksara jawa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CIRC dengan berbantuan media kartu gladen, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca aksara jawa melalui model pembelajaran CIRC berbantuan media kartu gladen. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Model tersebut terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa peningkatan keterampilan membaca aksara jawa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pebelajaran CIRC dengan berbantuan media kartu gladen pada siswa kelas IV. Pada hal ini dapat dilihat di siklus I siswa yang lancar membaca aksara jawa berjumlah 9 siswa atau 45% yang ditargetkan yakni 55% dari jumlah siswa. Sedangkan hasil peningkatan membaca aksara jawa pada siklus II sudah meningkat menjadi 90%.Guru sudah dapat mengajak siswa untuk belajar aksara jawa dengan menggunakan media kartu gladen. Pembelajaran membaca aksara jawa dapat diikuti oleh semua siswa kelas IV dengan baik yang ditandai dengan siswa antusias dan semangat dalam belajar aksara jawa, siswa juga mampu berdiskusi dengan teman kelompoknya dengan baik.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CIRC, Media Kartu Gladen, Keterampilan Membaca Aksara Jawa |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4931 |
Actions (login required)
View Item |