YANUARNI, FEBRIANA DWI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM SENI BERBAHASA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS III NAMIRA ELEMENTARY SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (428kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (2MB) |
||
Text
BAB 2 FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (3MB) |
||
Text
BAB 3 FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (5MB) |
||
Text
BAB 4 (1) FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (6MB) |
||
Text
BAB 5 FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (421kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI FEBRIANA DWI YANUARNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (319kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar seni berbahasa dapat diterapkan dan ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif integrasi membaca dan komposisi pada mata pelajaran bahasa Iggris di kelas III SD Namira Kraksaan. Model ini memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif dalam lingkungan pembelajaran yang menyenangkan yang memenuhi materi dan tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Kemmis dan Mc. Taggart digunakan dalam penelitian ini. Model ini terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 24 siswa di kelas III-B SD Namira Kraksaan adalah subjek penelitian. Tes, observasi, dan dokumenstasi digunakan untuk mengumpulkan data. Lembar observasi guru dan siswa serta kisi-kisi soal tes hasil belajar adalah alat penelitian. Data kualitatif digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III SD Namira Kraksaan setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model CIRC, siswa yang mencapai nilai ≥70 sebesar 30% berjumlah 14 siswa ditargetkan yakni 64% dari jumlah siswa, pada siklus II meningkat menjadi 81%. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah dilakukan tanya jawab dan dan pemberian reward kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dan mendapat nilai tinggi. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas III SD Namira Kraksaan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Berbahasa, Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 02:54 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 02:54 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |