INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TUJUAN MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS VI DI SD NAMIRA KRAKSAAN

RAMADHANI, MIRI INDAH (2024) INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TUJUAN MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS VI DI SD NAMIRA KRAKSAAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi MIRI INDAH RAMADHANI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak MIRI INDAH RAMADHANI .pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2 MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (288kB)
[img] Text
BAB 3 MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)
[img] Text
BAB 4 MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (225kB)
[img] Text
BAB 5 MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (208kB)
[img] Text
Surat Keterangan Bebas plagiasi MIRI INDAH RAMADHANI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (72kB)

Abstract

Guru mempunyai peran penting dalam membangun karakter siswa di sekolah, berdasarkan survey yang peneliti lakukan bahwa masih ada karakter siswa yang belum bisa dikatakan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemahaman guru tentang Pendidikan karakter siswa, dan (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pendidikan karakter siswa di kelas VIB SD Namira Kraksaan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Metode Deskriptif terdiri dari beberapa objek yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI-B SD Namira Kraksaan yang berjumlah 19 siswa. Sampel sumber data diambil menggunakan Triangulasi Data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKN yang dilaksanakan oleh guru di kelas sudah memasukkan nilai-nilai karakter, kemudian faktor pendukungnya yaitu adanya hubungan baik antara guru dengan siswanya dan faktor penghambatnya tidak pahamnya siswa tentang karakter dan kesadaran diri siswa masih rendah, Solusi yang bisa diberikan yaitu dengan cara mengarahkan dan memotivasi siswa agar terus melakukan hal-hal baik dan mengerti makna nilai Pancasila.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pancasila, PKN, Karakter Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:12
Last Modified: 28 Oct 2024 01:12
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item