MARYAM, SITI (2024) PENGEMBANGAN MODUL KALBU (KAMI PENYELAMAT BUMI) UNTUK MENGETAHUI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN MRANGGON LAWANG 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER (1) SITI MARYAM .pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI (2) SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
||
|
Text
ABSTRAK (1) SITI MARYAM .pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB I SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (232kB) |
||
Text
BAB II (1) SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (286kB) |
||
Text
BAB III (1) SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (377kB) |
||
Text
BAB IV SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA (4) SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (183kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI SITI MARYAM .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (314kB) |
Abstract
Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan ide baru yang inovatif atau memperbarui sesuatu yang sudah ada dengan keunikan tersendiri. Fakta di lapangan menyatakan bahwa masih banyak siswa yang memiliki tingkat kreativitas rendah dibawah rata-rata yang dipicu oleh faktor internal dan faktor external. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran modul untuk mengasah keterampilan berpikir kreatif siswa. Modul ini diciptakan sesuai dengan karakteristik siswa serta membekali siswa dengan pendidikan keberlanjutan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan modul berbasis proyek yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya pengumpulan data, angket, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrument validasi ahli materi dan ahli media, instrument praktisi pembelajaran, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli dan angket respon siswa, media yang dikembangkan valid dan praktis dengan sedikit revisi. Hasil validasi ahli materi mendapat perolehan nilai 87,5% dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai 93,75% dengan hasil rata-rata 90,6 %. Perolehan nilai yang didapatkan dari penilaian praktisi pembelajaran sebesar 90% dan angket respon siswa sebesar 88%. Berdasarkan hasil data tersebut, media pembelajaran modul KALBU untuk mengetahui Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul KALBU, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:12 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:12 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |