MAULIDIANA, FIRLI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA PEMBELAJARAN TUMBUHAN DAN ENERGI MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN CURAHGRINTING 1 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (163kB) |
||
|
Text
11. ABSTRAK FIRLI MAULIDIANA .pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
12. BAB I FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (291kB) |
||
Text
13. BAB II FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (326kB) |
||
Text
14. BAB III FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (636kB) |
||
Text
15. BAB IV FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (269kB) |
||
Text
17. DAFTAR PUSTAKA FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (409kB) |
||
Text
19. Surat Keterangan Bebas Plagiasi FIRLI MAULIDIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan produk media pembelajaran smart box, dan juga untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk media pembelajaran smart box pada mata pelajaran IPAS pembelajaran tumbuhan dan energi kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi, yang memiliki tahap diantaranya: studi pendahuluan, rancangan produk, validasi produk, revisi tahap 1, uji coba sakala kecil, revisi tahap 2, uji coba skala besar, dan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket melipui lembar validasi ahli materi dan media pembelajaran, lembar praktisi pembelajaran, dan angket respon siswa. hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan praktis dengan revisi. Hasil Penilaian yang diperoleh dari para validator, praktisi, dan siswa memiliki presentase yang tinggi. Penilaian dari validator ahli materi dan media pembelajaran mencapai 93% yang menunjukkan valid tanpa revisi. Namun dengan mempertimbangkan saran dan komentar, maka dilakukan revisi pada bagian yang salah. Penilaian yang diberikan oleh praktisi pembelajaran mencapai 91% yang menunjukkan bahwa media sudah praktis dan tidak ada revisi. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh siswa adalah mencapai 90%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk meciptakan produk sebagai alat komunikasi antara siswa dan guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas dalam memastikan kelayakan produk dan memiliki manfaat bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran. saran yang diberikan diharapkan melakukan pengembangan yang lebih beragam sesuai dengan kebutuhan serta materi yang berbeda, karena besar harapan peneliti untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi kedepannya.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, smart box |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:57 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:57 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |